Selasa, 18 Maret 2014

makalah bahasa arab

MAKALAH

Bahasa Arab II

OLEH :

           ASHY  PHAIS



PROGAM STUDI EKONOMI SYARI’AH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM RADEN QOSIM    BANJARANYAR PACIRAN LAMONGAN
2014

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Bahasa adalah suatu cara yang harus dimiliki oleh setiap manusia untuk saling berkomunikasi antar sesama, terdapat macam-macam bahasa yang digunakan di dunia yang disesuaikan dengan tempat keberadaannya, sebut saja bahasa Inggris, Arab, Mandarin, dan banyak lagi. dengan adanya perbedaan ditiap wilayah negara tersebut, terdapat satu ataupun lebih bahasa yang dapat menghubungkan antara sesama, sehingga komunikasi antara masyarakat yang berbeda negara dapat tetap terjalin dengan adanya bahasa yang di sebut dengan bahasa dunia atau bahasa internasional.
Bahasa internasional yang banyak digunakan adalah bahasa Inggris, tetapi belakangan ini telah diketahui juga bahwa bahasa Arab juga ikut berpartipasi sebagai bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris, untuk itu sangat di perlukan dalam mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang bahasa Arab tersebut baik secara umum ataupun secara khusus.

B.   Rumusan Masalah
A.       Apa Pengertian Bahasa Arab?
B.       Sejarah Bahasa Arab?
C.       Apa Saja Karekteristik Bahasa Arab dan Manfaatnya?

C.   Tujuan Makalah
Penulisan makalah ini dengan tujuan untuk membahas sejumlah kekeliuran yang acap kali dibuat masyarakat; khususnya yang beragama Islam. Kekeliuran yang dimaksud adalah pemahaman atas manfaat dan keutamaan dari mempelajari bahasa Arab. Seringkali masyarakat menganggap bahasa belajar bahasa Arab, tidak memberikan keuntungan bagi pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Dengan ditulisnya makalah ini semoga dapat merubah cara pandangnya dalam menanggapi bahasa khususnya bahasa Arab.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   Pengertian Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah sebuah bahasa semitif yang muncul dari daerah yang sekarang termasuk wilayah Arab Saudi, yang dipelajari tidak hanya oleh penduduk di wilayah Arab Saudi saja, tapi juga di wilayah negara lainnya. Karena bahasa Arab merupakan bahasa agama yang digunakan lebih dari satu miliar umat muslim di seluruh dunia, yang selalu diucapkan dalam setiap ibadah sehari-hari. Bahasa ini adalah sebuah bahasa yang terbesar dari segi jumlah penutur dalam keluarga bahasa Semitik.

B.   Sejarah Bahasa Arab

Pendapat yang menyatakan bahwa bahasa Arab telah ada semenjak zaman Adam, sehingga perintis tulisan Arab dan pola kalimat bahasa Arab adalah Adam.

Pendapat ini merupakan pendapat yang paling klasik dan merupakan interpretasi secara langsung dari Al-qur'an surat Al-baqarah 31, zN¯=tæur tPyŠ#uä uä!$oÿôœF{$# $yg¯=ä. yang artinya kurang lebih sbb: “Allah telah mengajari Adam pengetahuan tentang segala nama”. Dari dalil ini, mereka yang berpendapat bahwa nama-nama benda dan berbagai hal atau sifat di dunia ini telah diajarkan oleh Allah kepada Adam dalam bahasa Arab. Bahkan pengikut pendapat ini yang lebih tegas menyatakan bahwa huruf Arab telah dikuasai oleh Adam tanpa belajar dan langsung dari Allah seketika, atau disebut sebagai sebuah mukjizat atau paling tidak sebagai karunia (nadzariyah at tauqif).




C.   Karekteristik Bahasa Arab


  1. Jumlah abjad yang sebanyak 28 huruf dengan makharijul huruf (tempat keluarnya huruf) yang tidak ada pada bahasa lainnya.
  1. I’rab, yakni sesuatu yang mewajibkan keberadaan akhir kata pada keadaan tertentu, baik itu rafa’, nashab, jazm, dan jar yang terdapat pada isim (kata benda) dan juga fi’il (kata kerja).
  1. Ilmu ‘Arudl (ilmu notasi syi’ir) yang mana dengan ilmu ini menjadikan syi’ir berkembang dengan perkembangan yang sempurna.
  1.  Bahasa ‘Ammiyah dan Fush-ha, ‘Ammiyah dipergunakan dalam interaksi jual beli atau komunikasi dalam situasi tidak formal. Sedangkan fush-ha adalah bahasa sastra dan pembelajaran, bahasa resmi yang dipergunakan dalam percetakan.
  1. Adanya huruf “dhad” yang tidak ada pada bahasa yang lainnya, dan lain-lain.
  1. Kata kerja dan gramatikal yang digunakan selalu berubah sesuai dengan subjek yang menghubungkan dengan kata kerja tersebut.
  1. Tidak adanya kata yang bersyakal dengan syakal yang sulit dibaca, seperti “fi-u-la”.
  1. Tidak adanya kata yang mempertemukan dua huruf mati secara langsung.
  1. Sedikit sekali kata-kata yang terdiri dari dua huruf (al alfadz al tsuna’iyyah) kebanyakan tiga huruf, kemudian ketambahan 1, 2, 3, dan 4 huruf.
  1. Tidak adanya 4 huruf yang berharakat secara terus menerus, di samping aspek-aspek lain yang termasuk dalam ranah deep structure (al-bina’, al dahily)baik segi metafora, fonologi, kamus.


D.   Manfaat Bahasa Arab

Di Era Globalisasi sekarang ini, mungkin masyarakat lebih tertarik dan giat-giatnya untuk mempelajari bahasa Inggris dengan rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mengikuti kursus-kursus bahasa Inggris demi kebutuhan duniawi semata, sehingga tidak banyak tempat yang menyediakan kursus untuk bahasa Arab, sebaliknya untuk masyarakat yang mengerti pentingnya mempelajari bahasa Arab justru semakin menarik minat jutaan penduduk dunia untuk mempelajarinya, karena sebagian istilah Islam berasal dari bahasa Arab. Bahasa Arab juga telah di ajarkan di pesantren-pesantren Indonesia. Banyak Universitas internasional dan beberapa sekolah menengah internasional telah mengajarkan bahasa Arab . Bahasa Arab berkembang semakin luas dengan munculnya software, siaran TV berbahasa Arab, dan pembelajaran online.
Karena itu dapat dikatakan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang unik dan sangat menarik untuk dipelajari dilihat dari segi penulisan, tata bahasa, dialek, juga penuh manfaat jika berhubungan dengan agama islam, seperti yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah (2008), bahwa bahasa Arab memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan, akhlak, agama. Karena jika seseorang tidak berminat atau sama sekali tidak ingin mempelajari bahasa Arab tentu akan menjadi orang yang bodoh dalam keagamaannya.


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan

Dalam pembahasan yang telah dituliskan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa mempelajari bahasa Arab tidak kalah pentingnya dengan bahasa-bahasa lainnya yang ada, bahasa Arab juga mempunyai peranan yang sangat besar dalam kehidupan muslim diberbagai belahan dunia, karena dalam setiap bahasa pasti memiliki manfaat yang dapat di ambil, seperti halnya dalam bahasa Arab, disamping pengetahuan tentang bahasa yang dapat kita ambil, pengetahuan tentang keagamaan khususnya agama islam juga dapat kita pelajari, karena kunci dari al-quran yang merupakan kitab suci dari umat islam adalah ditulis dalam bahasa Arab dan berbeda dengan kitab suci lainnya yang justru harus diterjemahkan keberbagai bahasa tanpa menyertakan teks aslinya.

0 komentar:

Posting Komentar