Kamis, 06 Maret 2014

penelitian kopi dan cangkruk

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang

Berdiskusi atau ngobrol sambil minum kopi dan merokok adalah budaya masyarakat Indonesia, terutama dikalangan remaja hingga dikalanngan anak-anak yang belum cukup umurnya untuk menikmati kopi dan rokok.
Budaya ngopi atau ngobrol sambil minum kopi dan merokok di warung, tempat-tempat umum lainnya adalah budaya masyarakat khususnya gresik salah satunya yang sudah berlangsung ratusan tahun. Terasa sangat mengasyikkan apalagi, kopi yang disajikan adalah kopi kopyok tradisional rasa super yang sangat cocok untuk menyegarkan tubuh setelah bekerja.
Tapi perlu di ingat bahwa kopi ada efek negatif dan positifnya, dan ada satu lagi yang lebih bahaya lagi yaitu merokok. Mungkin sudah bukan hal yang biasa lagi jika kita mendengar bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena sebenarnya sudah banyak  peringatan dan pesan yang sering kita dengar dari berbagai media.

B.   Rumusan masalah

1.      Apa manfaat minum kopi ?
2.      Apa efek negatif dan positif  minum kopi ?
3.      Apa bahaya merokok bagi kesehatan ?

C.   Tujuan penelitian

Banyaknya masyarakat Indonesia yang merokok dan minum kopi, oleh karena itu kita perlu memberitahu akan manfaat minum kopi, efek negatif dan positifnya, dan bahayanya merokok untuk kesehatan.


BAB II
KAJIAN TEORI

A.  Manfaat minum Kopi

Telah banyak masyarakat yang mengkonsumsi kopi hitam, kopi kopyop, atau kopi-kopi lainnya. Minum kopi sambil merokok, santai-santai (cangkrukan), berkerja, beraktivitas, dll. Menurut berbagai pendapat yang ada, kalau minum kopi sambil bekerja bisa menambah semangat dalam bekerja apalagi di damping rokok. Bisa mengurangi tidur, tapi jika dikonsumsi dengan makan siang setiap harinya dapat mengurangi resiko  diabetes.
Efek minum kopi dengan makan siang hanya terlihat pada perempuan yang mengumsusi kopi hitam, bukan kopi dengan susu atau tambahan lainnya. Karena pada penelitian ini perempuan yang mengumsusi kopi dengan susu sangat sedikit , sehingga hasilnya belum terlalu jelas.
Minuman yang populer di seluruh dunia ini jadi sumber terbesar antioksidan dalam konsumsi global. Berikut alasan untuk memulai hari dengan minuman kopi:
1.      Dapat menurunkan risiko kematian
Pada akhirnya semua akan mati. Tapi kopi tampaknya memperpanjang waktu bagi mereka yang kronis oleh seperti penyakit jantung dan diabetes. Menurut sebuah studi besar 2012, bahkan makin banyak konsumsi kopi (tiga cangkir atau lebih sehari), makin rendah resiko kematian.
2.      Membantu membuat system reproduksi anda bahagia
Jika anda pria yang sedang mencari minuman untuk menurunkan risiko kanker prostat, atau wanita yang ingin menurunkan risiko kanker endometrium, kopi bisa jadi kebiasaan bagus. Sebuah studi pada 2011 menemukan pria yang mengumsusi setidaknya enam atau lebih cangkir sehari mengurangi resiko kanker prostat. Sebuah studi lain menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari empat cangkir kopi sehari memiliki resiko lebih rendah terkena kanker endometrium.
3.      Membantu melindungi otak
Peminum kopi lebih kebal terhadap kemungkinan demensia dan Alzheimer, kopi bisa membantu mengurangi stress yang berhubungan dengan susah tidur.

B.  Efek negatif dan positif minum kopi

Bicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpendapat bahwa kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya  benar. Mengkonsumsi kopi secara teratur dan tidak berlebihan, juga baik bagi kesehatan. Kopi memiliki efek negatif dan positif bagi kesehatan.
Efek negatif dan positif kopi
Efek negatif kopi:
1. kopi dapat menyebabkan susah buang air besar
2. kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila di konsumsi dalam jumlah berlebihan
    Efek positif kopi:
1. kopi juga membantu mengurangi resiko terkena batu ginjal
2. kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendet manusia.

C.  Bahaya merokok bagi kesehatan

Rokok memang telah menjadi bencana bagi semua orang. Sebenarnya mengapa rokok bisa begitu berbahaya bagi kesehatan ? ini di sebabkan dari kandungan yang terdapat didalam rokok tersebut. Berikut zat yang terkandung di dalam rokok:
1.      Nikotin
Pengaruh bagi tubuh manusia:
Menyebabkan kecanduan / ketergantungan merusak jaringan otak  menyebabkan darah cepat membeku mengeraskan dindinng arteri.
2.      Tar
Pengaruh bagi tubuh manusia:
Membunuh sel dalam saluran darah meningkatkan produksi lender diparu-paru menyebabkan kanker paru-paru.
3.      Karbon monoksida
Pengaruh bagi tubuh manusia:
Mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen menghalangi transportasi dalam darah.
4.      Zat karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia:
Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
5.      Zat Iritan
Pengaruh bagi tubuh manusia:
Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru menyebabkan batuk.
Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam ASAP ROKOK, tergolong zat yang berbahaya misalnya: hidrogen sianida (HCN), arsen, ammonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).
Disini ada beberapa bahaya yang di timbulkan oleh rokok antara lain:
1.      Kanker paru
Kasus kanker paru diakibatkan oleh rokok, hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Di perkirakan perokok berat akan meninggal akibat kanker paru.
2.      kanker payudara
perempuan yang merokok lebih berisiko mengembangkan kanker payudara. Perempuan yang mulai merokok sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena kanker payudara.
3.      Kanker pencernaan
Meskipun asap rokok masuk ke dalam paru-paru, tapi ada beberapa asap yang tertelan sehingga meningkatkan risiko kanker pencernaan.
4.      Kanker tenggorokan
Asap rook yang terhirup sebelum masuk ke paru-paru akan melewati tenggorokan, karenanya kanker ini akan berkaitan dengan rokok.
5.      Serangan jantung.
Nikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan karbon momoksida mengambil oksigen dalam darah lebih banyakyang membuat jantung memompa darah lebih banyak. Jika jantung bekerja terlalu keras ditambah tekanan darah tinggi, maka bisa menyebabkan serangan jantung.
6.      Impotensi
Bagi laki-laki berusia 30-an dan 40-an tahun, maka merokok bisa meningkatkan risiko disfungsi ereksi. Hal ini karena merokok bisa merusak pembulu darah, nikotin mempersempit arteri sehingga mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis. Jika seseorang sudah mengalami impotensi, maka bisa menjadi peringatan dini bahwa rokok sudah merusak daerah lain tubuh.
7.      Gangguan medis lainnya.
Beberapa gangguan medis juga bisa disebabkan oleh rokok seperti tekanan darah tinggi, gangguan kesuburan, memperburuk asma dan redang saluran nafas, berisiko lebih tinggi mengalami degenerasi macula, katarak, menjadi lebih sering sakit-sakitan, menimbulkan noda gigi dan gusi, mengembangkan sariawan di usus serta merusak penampilan.
 













BAB III
HASIL PENELITIAN

A.   Daerah (lokasi)

Daerah yang mayoritas penikmat minum kopi dan cangkruan yang kental dengan sebutan “kopi plus cangkruk budaya khas arek gresik”, lokasi yang dituju untuk kali ini adalah berada di dusun njalor kecamatan panceng kabupaten gresik. Warung mbak da salah satu warung yang sering ramai di datangi oleh penikmat kopi hitam, kopi manis, dll.
Kalau budaya khas arek gresik minum kopi, pastinya mereka minum kopi juga sambil merokok dan berbincang-bincang (cangkruan), bisa juga berdiskusi sesama penikmat lainya.

B.   Kebudayaan

Berbicara masalah kebudayaan pastinya Indonesia lah yang punya banyak budaya yang beraneka ragam budaya yang di miliki oleh Indonesia. Tetapi di sini kebudayaan yang dimaksud adalah budaya minum kopi dan merokok, Sebagaimana yang sudah meningkat di Indonesia, khususnya arek-arek gresik.  
Peningkatan budaya minum kopi dan merokok sambil kumpul-kumpul (cangkruan), perlu di garis bawahi untuk penikmat minum kopi dan pecandu rokok, bahwa ada efek negatif dan positifnya, dan bahayanya untuk rokok berat. Mulailah hidup sehat tanpa merokok dan kurangi mengkonsumsi kopi berlebihan

C.   Hasil observasi

Warung mbak da adalah warung yang berada di dusun njalor, warung ini sering di datangi oleh penikmat kopi. Mbak da sebutan pemilik warung mengaku untuk menjaga kenikmatan kopi menambahi sebuah ramuan tetapi dalam hal ini tidak disebutkan karena menjaga kenikmatan kopi.
Dan satu lagi, mbak da menjaga untuk konsumen tetap setia datang ke warungnya, dia mendatangkan satu gadis (perempuan) untuk melengkapi kumpul-kumpul (cangkruan) konsumennya sambil minum kopi.
Salah satu konsumen mbak da yang setia adalah ubed, dia sering menikmati kopinya mbak da karena lokosinya yang strategis, murahnya kopi, dan ada gadis (perempuan) yang cantik setiap menikmati kopi mbak da pasti di temani gadis tersebut.
Menurut ubed (konsumen) mbak da, hidup tanpa kopi bagaikan bunga tanpa warna karena kecantikan bunga di lihat dari warnanya. Dan begitu juga orang yang tidak meminum kopi tidak merasakan kecantikan bunga.
Alasan ubed menikmati kopi di warung mbak da ?
 pertama dengan meminum kopi di warung bisa merasakan aneka rasa/aroma kopi khusus mbak da, karena akibat kecanduannya. kedua Dengan meminum kopi di warung bisa mendapatkan teman yang belum akrab. Ketiga dengan meminum kopi di warung selain dapat teman baru, dan juga merasakan anehkah rasa kopi, kita bisa mengobrol dengan teman, bisa mengakrabkan teman dan bisa mereflesing pikiran apalagi dengan merokok nikmatnya tidak ada tandingannya.
Menurut ubed, merokok baik apa tidak untuk kesehatan ?
Sebenarnya tidak ada alasan bagi orang-orang yang merokok, karena rokok sudah jelas dalam artian kesehatan bahwa merokok itu sebenarnya tidak menyehatkan seseorang tetapi malah menghancur tubuh bagi seseorang.
Alasan merokok menurut ubed ?
Karena sudah terlanjur menghisap rokok dan akhirnya sampai kecanduan. Sebab karena itulah dan karena akibat kecanduan maka sulit untuk berhenti merokok, tidak ada upaya untuk bisa berhenti. Kalau tidak merokok fikiran tidak bisa tenang (tidak bisa berfikir untuk hal yang positif).






BAB IV
ANALISIS HASIL PENELITIAN

Dengan hasil yang sudah di dapat dari lokasi, dan wawancara langsung ke pemilik warung, penikmat kopi dan rokok. Sudah jelas bahwa kopi dan rokok sudah melekat di warga indonesia ini. Rata-rata penikmat kopi mengakui bahwa kumpul-kumpul (cangkruan) tanpa minum kopi itu kurang lengkap (ada yang ketinggalan).
Dan satu hal lagi untuk masalah perokok berat ini, tidak bisa berhenti merokok karena sudah kecanduan. Tanpa merokok maka sulit untuk berfikir atau fikiran tidak bisa tenang. Maka dalam hal ini, kopi dan rokok sudah menjadi kebiasaan masyarakat indonesia. Apalagi warga gresik yang budayanya adalah kopi plus cangkruk.



















BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan

Meskipun pecinta, penikmat kopi dan rokok tapi perlu di ingat akan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh dan efek negatif dan positif minum kopi, dan manfaatnya. Kecanduan merokok, sudah pecinta berat pada rokok semua pasti ada jalan untuk berhenti semua pada niatnya masing-masing yang harus ditata pada diri, perlu digaris bawahi bahwa sudah ada media-media yang menjelaskan akan bahaya merokok.
Minuman yang sudah meluas ke berbagai penjuru dunia yaitu kopi yang dimana semua memulai aktivitas dengan minum kopi, minuman yang ada manfaat dan ada juga efek negatifnya.untuk menjaga kesehatan tubuh cukup dengan sekedarnya.

B.   Saran

Jangan coba-coba menghisap rokok karena akan merusak kesehatan bagi tubuh. Kalau belum perna merokok lebih baik jangan coba-coba untuk merasakannya, nanti bisa kecanduan kalau sudah sering merokok. Ingat no smoking.
Banyak kontroversi mengenai kopi, tetapi meminum kopi asyiknya itu saat memulai aktivitas dengan meneguk secangkir kopi. Dengan menikmati secangkir kopi di pagi hari sebelum memulai semua aktivitas dipastikan akan memuluskan semua hari anda.








DAFTAR PUSTAKA

Adi, Wijaya, permathic.blospot.com/bahaya-merokok-bagi-kesehatan-dan-cerah/html/2012/06
Fikri, Abdilah, fikriabdilaharis.blogspot.com/gresik-kota-warung.html/2012/02

www.doktergaulcom/blog/efek-positif-dan-negatif-kopi-bagi-kesehatan/3626.html

0 komentar:

Posting Komentar